Jumat, 05 Juni 2009

PERALATAN UNTUK MENANGKAP SINYAL WIFI

Jenis peralatan yang digunakan untuk menangkap sinyal WIFI sangat beragam. Namun yang biasa digunakan secara umum dalam RT/RW net adalah wajan Bolik.

Wajan Bolik adalah sebenarnya berisi sebuah USB WIFI yang di extented dengan menggunakan kabel UTP dan diletakkan pada sebuah wajan sebagai tameng/parabola yang telah dibentuk sedemikian rupa untuk dapat menerima dan memancarkan sinyal WIFI ke satu arah dengan penguatan tertentu. Yaitu ke arah dimana SSID berlokasi. Sinyal secara relatif akan dikuatkan pada arah nya sementara pada arah yang lain dikurangi.

Singkatnya, sebuah wajan bolik adalah seperangkat parabola mini untuk menangkap ( dan memancarkan kembali )sinyal WIFI dari sebuah SSID ( Akses Point Utama )ke komputer anda.



Wajan bolik biasanya ditempatkan diatas atap rumah. Dapat menggunakan tiang antena Televisi atau tiang tempel secara terpisah. Yang paling utama adalah bahwa antara wajan bolik dan antena dari Akses Point ( pemancar utama ) adalah sebagai berikut :



1. Kedua antena saling berhadapan ( line in sight ).

Frekwensi WIFI yang sebesar 2,4 Ghz adalah frekwensi tinggi dimana faktor flexibilitas dari sinyal ini hampir mendekati frekwensi cahaya. Coba bayangkan sebuah lampu senter yang disorotkan pada suatu tempat. Maka yang terbanyak mendapat cahaya adalah lokasi dimana cahaya itu disorotkan. Sementara lokasi yang lain tidak mendapat cahaya kecuali berupa pantulan dari benda-benda didekat cahaya tersebut.
Sinyal cahaya ini juga tak dapat berbelok secara flexible seperti sinyal frekwensi pada radio FM 100 Mghz misalnya yang dimana sinyal ini masih sangat flexible dan dapat diterima hampir dimana saja walaupun kita berada didalam ruang tertutup rapat sekalipun. Namun ini tidak berlaku untuk sinyal WIFI.

2. Dalam radius jangkauan USB WIFI anda atau Laptop anda.

Sebuah Akses Point biasanya berdaya cukup besar diatas 400mW. Daya ini sudah cukup untuk menjangkau jarah hingga 30 km. Tetapi USB WIFI atau Wireless sebuah Laptop hanya berdaya kecil-kecil dibawah 60mW dan dengan antena yang minim. Anda bisa menerima tetapi belum tentu bisa mengirim data ke Akses Point. Sebaik-baik peralatan pendukung adalah dalam radius jangkauannya. Artinya kualitas koneksi mimimum yang didapat haruslah dapat digunakan untuk saling mengirimkan data antara peralatan anda dengan akses point secara baik. Kalau tidak, fasilitas kecepatan sebuah akses point dari ISPnya untuk mengakses data tidak akan dapat anda nikmati sepenuhnya.

Di Batam harga sebuah wajan bolik lengkap dengan kabel 12m untuk saat ini June 2009 adalah Rp. 400,000.
USB nya saja berkisar Rp. 180,000 untuk jenis TL-WN321G
Kabel permeter Rp. 4,500.
Wajannya saja Rp. 170,000,-

Kalau seorang client hendak bergabung dalam layanan WIFI, maka client harus mengadakan biaya alat Rp. 450,000 plus terpasang dan plus iuran bulanan Rp. 100,000. Total Rp. 550,000 ,- ( Hmm ... buat yang aps-pasan relative mahal kali ya....).

3 komentar:

  1. Waahh lumayan sekarang dah ada hotspot didaerah kita. Selamat ya..

    BalasHapus
  2. kalo pake bekas parabola mini indovisin membbantu ngak? lebih bagus dari wajan tidak? soalnya transmit ke access point saya masih lemah nih kalo pake wajan..............smsriungbdg@yahoo.com

    BalasHapus
  3. Ex Parabola bisa saja digunakan dengan sedikit modifikasi pada feedernya, biasanya dengan feeder kaleng bekas. Tetapi parabola ini dirancang untuk menerima dan bukan untuk memancar. Artinya dalam modus penerimaan akan lebih bagus dari pada modus pancarnya. Akibatnya komunikasi bisa terganggu karena saat memancar sinyalnya menjadi spreading tak terfocus seperti wajan bolik.

    Kalau anda menggunakan USB WN422, maka akan lebih flexible karena dapat diterapkan dengan menggunakan antenaa YAGI.

    Sekedar informasi, yang terpenting adalah seberapa besar sinyal anda yang dapat ditangkap oleh AP hotspot. Pada jarak s/d 1KM lurus, sebuah wajan bolik dapat diterima s/d 100% di AP hotspot. Sementara penerimaan sinyal AP hotspot pada wajan bolik sangat berfariasi tergantung merk USBnya. Biasanya penerimaan diatas 25% di wajan bolik sudah cukup baik untuk mengakses internet.

    Untuk meyakinkan bagusnya sebuah koneksi, maka lakukan ping ke AP radio saat anda sudah login. Free hotspot yang kami berikan sebenarnya untuk tujuan pengujian ini. Dan bukan untuk dipakai selamanya.

    Terima kasih.

    BalasHapus